24 March 2010

Seleksi CPNS 2010 Dipercepat


JAKARTA- Pemerintah menargetkan akan mempercepat seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun ini. Hal itu sebagai bentuk reformasi birokrasi yang dijalankan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Pemerintah pusat pada prinsipnya ingin seleksi CPNS bisa secepatnya dilaksanakan dibandingkan tahun lalu," kata Deputi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bidang SDM Aparatur Ramli Naibaho yang dihubungi JPNN, Selasa (16/2).

Hanya saja, lanjut Ramli, proses seleksi tersebut sanga tergantung pada kesiapan pemerintah daerah. Kalau pemda sudah siap melaksanakan seleksi CPNS, terutama tentang usulannya yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah, pusat siap saja. Dijelaskan Naibaho, yang menjadi masalah dalam proses seleksi CPNS selalu tertunda disebabkan karena pemda terlambat mengajukan usulan.

"Pemda yang terlambat mengajukan, pusat yang dikejar-kejar. Ini sudah berlangsung lama, makanya mulai tahun ini prosedurnya diubah," tandasnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga tengah menunggu hasil panitia kerja (panja) tenaga honorer karena nantinya akan dimasukkan dalam formasi CPNS. Dia berharap hasil rekomendasi Panja ini bisa secepatnya agar target pemerintah tidak bergeser.

"Ya, kita maunya cepat. Tapi mudah-mudahan hasil Panja bisa secepatnya untuk mengetahui berapa jumlah pasti honorer non APBN/APBD yang akan masuk. Yang sudah jelaskan baru sisa honorer 104 ribu itu," terangnya.(esy/jpnn)

sumber:
http://www.jpnn.com/