Berdasarkan Keputusan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor : 62/HUK/2010 tentang Panitia Seleksi Anggota Badan Akreditasi Lembaga Kesejahteraan Sosial (BALKS) dan Lembaga Sertifikasi Pekerjaan Sosial (LSPS), membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia untuk mendaftarkan diri menjadi Calon Anggota BALKS dan LSPS Periode 2011 – 2016.
I. PERSYARATAN CALON
1. Warga Negara Indonesia;
2. Sehat jasmani dan rohani
3. Memiliki rekam jejak yang baik;
4. Berpendidikan serendah-rendahnya Sarjana atau Diploma IV Pekerjaan Sosial/ Kesejahteraan Sosial untuk LSPS dan Sarjana atau Diploma IV untuk BALKS;
5. Memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang penyelenggaraan kesejahteraan sosial sekurang-kurangnya selama 5 tahun.
6. Bersedia mengikuti seleksi yang ditentukan panitia
7. Menyerahkan surat lamaran a.n. organisasi/pribadi (dicalonkan asosiasi/lembaga/organisasi) dengan melampirkan:
• Formulir isian Calon Angggota LSPS dan BALKS yang dapat di-download pada situs www.depsos.go.id
• Surat pernyataan di atas meterai Rp 6.000,00 tentang:
i. tidak pernah dipidana karena melakukan tindakan kejahatan;
ii. bersedia bekerja penuh tanggung jawab;
8. Fotocopy ijazah terakhir dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir;
9. Surat keterangan sehat dari dokter;
10. Fotocopy KTP yang masih berlaku;
11. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari POLRI;
12. 3 (tiga) lembar foto terbaru ukuran 4 x 6 (berwarna);
13. Surat rekomendasi dari organisasi yang mengajukannya untuk menjadi calon anggota LSPS dan BALKS
14. Surat ijin dari atasan bagi yang bekerja.
II. PENDAFTARAN
1. Waktu pendaftaran pada hari kerja mulai tanggal 16 Agustus s.d. 31 Agustus 2010;
2. Calon pendaftar hanya dapat mendaftar salah satu calon anggota LSPS atau BALKS
3. Surat Lamaran beserta berkas pendaftaran/lampiran tersebut butir I ditujukan kepada Ketua Panitia Seleksi Calon Anggota BALKS dan LSPS dengan alamat Sekretariat Badan Pendidikan dan Penelitian Kesejahteraan Sosial Lantai 4 Gedung Kementerian Sosial RI Jl. Salemba Raya No. 28 Jakarta Pusat, telepon (021) 3103740/3919526. Berkas pendaftaran diantar langsung atau dikirim melalui pos sudah harus diterima Panitia Seleksi paling lambat tanggal 31 Agustus 2010 pukul 16.00 WIB.
III. PELAKSANAAN SELEKSI
1. Dilakukan dalam (empat) tahap dengan sistem gugur;
2. Seleksi tahap 1 (administrasi) dilaksanakan tanggal 16 – 31 Agustus 2010
3. Hasil seleksi tahap 1 (administrasi) diumumkan tanggal 7-8 September 2010, melalui :
a. Telepon atau ponsel pelamar yang lulus;
b. Website Kementerian Sosial RI : www.depsos.go.id
4. Bagi Pelamar yang telah lulus seleksi tahap 1 berhak mengikuti seleksi tahap 2 (penilaian makalah) dengan rincian sebagai berikut :
a. Pembuatan makalah dilaksanakan tanggal 9 – 20 September 2010
b. Pengiriman dan Penerimaan makalah dilaksanakan tanggal 20-24 September 2010;
c. Penilaian makalah dilaksanakan tanggal 27 september – 5 Oktober 2010;
5. Hasil seleksi tahap 2 (makalah) diumumkan tanggal 7 Oktober 2010, melalui :
a. Telepon atau ponsel pelamar yang lulus;
b. Website Kementerian Sosial RI : www.depsos.go.id
6. Bagi Pelamar yang telah lulus seleksi tahap 2 berhak mengikuti seleksi tahap 3 (presentasi makalah) dengan rincian sebagai berikut :
a. Presentasi makalah dilaksanakan tanggal 12 - 14 Oktober 2010;
7. Hasil seleksi tahap 3 (makalah) diumumkan tanggal 7 Oktober 2010, melalui :
a. Telepon atau ponsel pelamar yang lulus;
b. Website Kementerian Sosial RI : www.depsos.go.id
8. Bagi Pelamar yang telah lulus seleksi tahap 3 berhak mengikuti seleksi akhir tahap 4 (wawancara) yang dilaksanakan tanggal 18 – 22 Oktober 2010;
9. Pengumuman akhir seleksi akhir dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 29 Oktober 2010, tempat dan pengumuman hasil seleksi tahap akhir ditentukan kemudian.
IV. LAIN-LAIN
1. Pendaftaran tidak dipungut biaya apapun;
2. Lamaran dikirim dalam amplop tertutup ukuran folio dengan mencantumkan kode “LSPS” atau “BALKS” di sudut kiri atas;
3. Pendaftaran yang dilakukan sebelum adanya pengumuman ini dinyatakan tidak berlaku;
4. Keputusan Panitia Seleksi bersifat final dan tidak dapat diganggu-gugat.
Download Informasi Lengkap:
1. Ralat Pengumuman
2. Formulir Pendaftaran