27 February 2010

SMU Masuk Formasi CPNS 2010

JAKARTA—Kabar gembira bagi lulusan Sekolah Menengah Umum (SMU). Tahun ini pemerintah akan memasukkan lulusan SMU non kejuruan dalam formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Pemerintah pun menjatah 10 persen dari formasi yang diajukan tiap daerah.

“Lulusan SMU masih bisa kita toleransi. Asalkan daerah memang benar-benar butuh dan jelas job descriptionnya,” kata Deputi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bidang SDM Aparatur Ramli Naibaho saat ditemui JPNN di Jakarta, Kamis (11/2).

Lowongan BUMN PT. Aneka Tambang Tbk.


PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM), a state-owned mining company which listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) and the Australian Securities Exchange (ASX) with the main commodities are nickel, gold, silver, and bauxite, gives opportunities for you who meet the qualifications, have a strong dedication, motivation and high integrity to join the following positions:

Electrical Engineer (power system)
Requirements :
* Bachelor degree in Electrical Engineering (power system)
* GPA minimum 2.75 ( scale of 4 )
* Maximum age 30 years old
* Minimum TOEIC Score 605 (will be conducted during selection phase)
* Willing to be placed at business unit site in Indonesia

Geologist
Requirements :
* Bachelor degree in Geological Engineering
* GPA minimum 2.75 ( scale of 4 )
* Maximum age 30 years old
* Minimum TOEIC Score 605 (will be conducted during selection phase)
* Willing to be placed at business unit site in Indonesia

Civil Engineer
Requirements :
* Bachelor degree in Civil Engineering
* GPA minimum 2.75 ( scale of 4 )
* Maximum age 30 years old
* Minimum TOEIC Score 605 (will be conducted during selection phase)
* Willing to be placed at business unit site in Indonesia

Mechanical Engineer
Requirements :
* Bachelor degree in Mechanical Engineering
* GPA minimum 2.75 ( scale of 4 )
* Maximum age 30 years old
* Minimum TOEIC Score 605 (will be conducted during selection phase)
* Willing to be placed at business unit site in Indonesia

Please send the curriculum vitae by email no later than March, 15th 2010 to recruitment@antam.com

24 February 2010

Pengumuman Hasil Seleksi Tahap I Penerimaan Pegawai PT. Kereta Api (Persero)


Berdasarkan Seleksi Tahap I (Tes Psikologi dan Apptitude) Penerimaan Pegawai Baru Tingkat S1 dan D3 PT. KERETA API (Persero), maka peserta yang dinyatakan LULUS dan dapat mengikuti Seleksi Tahap II (Tes Kesehatan) adalah sebagaimana daftar di bawah.

Pelaksanaan Seleksi Tahap II (Tes Kesehatan) diatur sebagai berikut :

23 February 2010

Program Rekrutmen PERTAMINA EP untuk Fresh Graduate


PERTAMINA EP adalah perusahaan yang bergerak di sektor hulu Migas di Indonesia. Untuk mencapai visi perusahaan, PERTAMINA EP berupaya untuk melakukan kegiatan eksplorasi dan produksi yang progresif dan terarah dengan standar keselamatan yang tinggi dan kualitas sumber daya manusia yang kompetitif.

Dalam rangka memenuhi kebutuhan pekerja yang handal secara kuantitas dan kualitas, PERTAMINA EP memberikan kesempatan kepada putra-putri Indonesia untuk bergabung menjadi pekerja melalui Program Rekrutmen Pekerja Fresh Graduate, untuk ditempatkan di seluruh wilayah kerja PERTAMINA EP, dengan ketentuan dan persyaratan sebagai berikut :

1. Belum pernah mengikuti seleksi penerimaan pekerja PERTAMINA EP pada tahun 2008, 2009 dan 2010.
2. Lulus dari Perguruan Tinggi / Universitas / Institusi Pendidikan Negeri atau Swasta terakreditasi, dengan bidang studi sebagai berikut :

Bidang Studi : Sarjana
1. Teknik Geologi
2. Teknik Geofisika
3. Teknik Perminyakan
4. Teknik Pertambangan
5. Teknik Kimia
6. Teknik Mesin
7. Teknik Sipil
8. Teknik Elektro - Arus Kuat
9. Teknik Elektro - Arus Lemah
10. Teknik Fisika
11. Teknik Instrumen
12. Teknik Geodesi
13. Teknik Lingkungan
14. Teknik Metalurgi
15. Kesehatan Masyarakat
16. Ilmu Komputer
17. Teknik Telekomunikasi
18. Teknik Informatika
19. Teknik Komputer
20. Teknik Industri
21. Psikologi
22. Ilmu Komunikasi
23. Hukum
24. Ekonomi

3. IPK Minimum: 3.00 (Skala: 4.00)
4. Usia maksimum 27 tahun pada tanggal 1 Juli 2010.
5. Bersedia mengikuti seluruh tahapan proses seleksi di lokasi test yang ditentukan.

REKRUTMEN PEKERJA PERTAMINA EP TAHUN 2010 : 20 FEBRUARI - 5 MARET 2010

Ketentuan:
* Bagi Pelamar yang sudah melamar secara online pada acara Job Fair UPN Veteran Yogyakarta tanggal 6-7 Februari 2010 tidak perlu melamar lagi berdasarkan pemberitahuan ini.
* Pelamar yang akan diundang untuk mengikuti tahapan seleksi adalah yang memenuhi kualifikasi yang ditetapkan dan masuk dalam shortlisted kandidat berdasarkan evaluasi Tim Rekrutmen PERTAMINA EP.
* Pelamar yang tidak diundang dalam 6 (enam) bulan dari batas akhir pemasangan iklan ini (5 Maret 2010) untuk mengikuti tahapan proses seleksi dinyatakan tidak lulus dalam seleksi.
* Pelamar yang telah mengirimkan lamaran berdasarkan iklan ini dan diundang untuk mengikuti proses seleksi, maka secara otomatis dinyatakan bersedia mengikuti seluruh ketentuan dalam proses rekrutmen dan pengangkatan calon pekerja fresh graduate PERTAMINA EP.
* Pelamar yang diundang untuk mengikuti tahapan seleksi bersedia untuk mengikuti proses seleksi di lokasi test yang ditentukan.
* Dalam proses seleksi ini, PERTAMINA EP tidak memungut biaya apa pun dari peserta.
* Kelengkapan dokumen akan diminta apabila saudara dipanggil untuk mengikuti tahapan seleksi, yang meliputi: Surat Lamaran, Curriculum Vitae, Foto Copy Ijazah, Foto Copy Transkrip Nilai, dan Pas Foto terbaru berwarna ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar.
* Apabila data yang saudara isikan dalam formulir ini berbeda dari dokumen otentik yang diserahkan dan tidak sesuai dengan kualifikasi yang ditetapkan, baik pada masa proses seleksi, pre-employment program maupun setelah menjadi pekerja, maka berlaku sanksi sesuai ketentuan di PERTAMINA EP.

Informasi Lengkap: http://www.pertamina-ep.com/

20 February 2010

Penerimaan Tenaga AKKA Pertamina Tahun 2010


P E N G U M U M A N
No. 560/109. Pentaker
TENTANG
KESEMPATAN KERJA

PT.PERTAMINA (Persero) Refinery Unit VI membutuhkan tenaga kerja berpotensi dan berpengalaman untuk dipekerjakan sebagai Awak Kapal Kontrak Pekerja Waktu Tertentu sebagai berikut :

NO - KEBUTUHAN FORMASI - PENDIDIKAN - UMUR MAKSIMAL - MEMILIKI SERTIFIKAT
1 - Mualim I - SLTA / Sederajat - 35 tahun - BST,AFF,SCRB,GMDSS / SOU,dan ANT IV
2 - KKM - SLTA / Sederajat - 35 tahun - BST, AFF, SCRB dan ATT-III
3 - Juru Masak - SLTA / Sederajat - 35 tahun - BST, AFF, SCRB dan ANT-D
4 - Juru Mudi - SLTA / Sederajat - 35 tahun - BST, AFF, SCRB dan ANT-D

Bagi calon pelamar yang berminat, agar mengajukan lamaran dengan persyaratan administrasi sebagai berikut :

A. PERSYARATAN
1. Laki – laki dengan tinggi badan minimal 160 cm dan berat badan proporsional (mencantumkan data tinggi badan dan berat badan dalam surat lamaran ).
2. Membuat Surat Lamaran dan Daftar Riwayat Hidup dan ditanda tangani, tanpa materai.
3. Melampirkan foto copy Ijazah terakhir / STTB dilegalisir.
4. Melampirkan foto copy Sertifikat minimal sesuai persyaratan yang telah dilegalisir.
5. Melampirkan foto copy Surat Keterangan Pengalaman Kerja.
6. Melampirkan foto copy Buku Pelaut serta melampirkan surat pernyataan sanggup memperpanjang minimal 1 ( satu ) tahun, setelah dinyatakan lulus tes kesehatan, sebelum diterbitkan Perjanjian Kerja Laut.
7. Melampirkan Surat Keterangan Dokter, yang menyatakan berbadan sehat dan tidak buta warna.
8. Melampirkan Surat Catatan Keterangan Kepolisian dari kepolisian setempat.
9. Melampirkan foto copy KTP yang masih berlaku.
10. Melampirkan foto copy Kartu Pencari Kerja / Kartu Kuning dari Dinsosnakertrans setempat yang masih berlaku.
11. Melampirkan 3 ( tiga ) lembar photo terbaru ukuran 4 x 6 ( diberi nama pada bagian belakang photo ).
12. Mencamtumkan alamat lengkap ( alamat terakhir & kode pos dan no.telpon ).
13. Melampirkan foto copy Akte Lahir / Surat Kenal Lahir yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang.

B. TATA CARA PENGIRIMAN SURAT LAMARAN
Berkas lamaran dikirim melalui POS ( tidak melayani pengiriman langsung ), dengan dengan memakai stopmap warna sesuai formasi yang dilamar :

NO - KEBUTUHAN/FORMASI - KODE JABATAN - WARNA STOPMAP
1 - Mualim I - MLM I - Merah
2 - Kepala Kamar Mesin - KKM - Kuning
3 - Juru Masak - JMSK - Biru
4 - Juru Mudi - JMU - Hijau

Dimasukan ke dalam amplop besar berwarna coklat, dan dikirim melalui Pos ( tidak melayani pengiriman langsung ) ditujukan kepada :

KEPALA DINAS SOSIAL TENAGA KERJA & TRANSMIGRASI
JLN. JEND.GATOT SUBROTO NO.01
I N D R A M A Y U 45216


Paling lambat dikirim pada tanggal 05 Maret 2010 ( cap pos )
Pada bagian depan sebelah kanan stopmap dicamtumkan KODE JABATAN yang dilamar.

C. PROSES SELEKSI
1. Pelamar yang memenuhi persyaratan administrasi yang akan dipanggil untuk mengikuti tes / seleksi selanjutnya dan akan diumumkan atau dapat dilihat di Kantor Dinsosnakertrans Jl.Gatot Subroto No.01 Indramayu dan Internet www.pertamina-up6.com.
2. Peserta yang dinyatakan lulus dalam setiap tahapan tes akan dipanggil untuk mengikuti tes selanjutnya.
3. Surat Lamaran yang telah dikirim tidak dapat dikembalikan.
4. Lamaran yang disampaikan sebelum iklan ini diumumkan tidak akan diproses, bagi yang masih berminat agar mengirim lamaran kembali ke alamat yang telah ditentukan diatas.

D. KETENTUAN LAIN
1. Kepada Pelamar yang mengikuti proses rekrutasi tidak dipungut biaya apapun.
2. Keputusan Panitia Rekrutasi bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat serta tidak menerima korespondensi dalam bentuk apapun.

sumber: http://www.pertamina-up6.com/

Penerimaan Calon Anggota Komisi Penyiaran Indonesia (KPI Pusat) Periode 2010-2013


Dibuka kesempatan bagi setiap WNI yang kompeten untuk menjadi anggota KPI Pusat periode ke-3 (Masa Jabatan 2010-2013), dengan ketentuan sebagai berikut :

Persyaratan Umum
(Undang-undang Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran, Pasal 10 ayat 1)
1. warga negara Republik Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
2. setia kepada Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;
3. berpendidikan sarjana atau memiliki kompetensi intelektual yang setara;
4. sehat jasmani dan rohani;
5. berwibawa, jujur, adil, dan berkelakuan tidak tercela;
6. memiliki kepedulian, pengetahuan dan/atau pengalaman dalam bidang penyiaran;
7. tidak terkait langsung atau tidak langsung dengan kepemilikan media massa;
8. bukan anggota legislatif dan yudikatif;
9. bukan pejabat pemerintah; dan
10. nonpartisan.

Persyaratan Khusus
1. Surat pernyataan mendaftarkan diri (melamar) sebagai calon anggota KPI Pusat, bermaterai;
2. Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP);
3. Daftar riwayat hidup lengkap;
4. Makalah yang isinya tentang visi dan misi berikut uraiannya jika nanti menjadi anggota KPI Pusat;
5. Foto kopi ijazah sarjana yang dilegalisasi;
6. Surat keterangan dokter (asli) yang menyebutkan calon sehat jasmani dan rohani;
7. Surat keterangan dari pihak kepolisian (asli) tentang kelakuan tidak tercela;
8. Foto kopi piagam penghargaan, sertifikat atau surat keterangan menyangkut kepedulian, pengetahuan dan/atau pengalaman dalam bidang penyiaran;
9. Surat dukungan dari masyarakat (asli);
10. Surat pernyataan tidak terkait langsung atau tidak langsung dengan kepemilikan media massa, asli, bermaterai;
11. Surat pernyataan bukan anggota legislatif, yudikatif, dan pejabat struktural pemerintah, asli, bermaterai;
12. Surat pernyataan nonpartisan (tak berpartai), asli, bermaterai;
13. Pas foto berwarna 4x6, sebanyak 2 lembar.

Berkas pendaftaran dikirimkan kepada:

Panitia Seleksi Administratif Calon Anggota KPI Pusat
d/a Sekretariat KPI Pusat
Gedung Bapeten, Lantai 6
Jl. Gajahmada No. 8, Jakarta Pusat 10120.


Tanggal batas terakhir penerimaan pendaftaran adalah 6 Maret 2010 (dari luar kota berdasar stempel pos).

PENJELASAN PERSYARATAN KHUSUS
PENERIMAAN CALON ANGGOTA KOMISI PENYIARAN INDONESIA PUSAT
PERIODE KE-3 (MASA JABATAN 2010-2013)
a. Surat pernyataan mendaftarkan diri (melamar) dibuat sesuai contoh, bertanggal, bermeterai Rp. 6.000,- dan ditandatangani oleh yang bersangkutan;
b. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku;
c. Daftar Riwayat Hidup dibuat sesuai contoh, bertanggal, bermeterai Rp. 6.000,- dan ditandatangani oleh yang bersangkutan;
d. Makalah yang isinya tentang visi dan misi berikut uraiannya jika nanti menjadi Anggota KPI Pusat dibuat di atas kertas ukuran folio, diketik dengan 1,5 spasi. Jumlah lembar bebas dan ditandatangani oleh yang bersangkutan;
e. Legalisasi fotokopi ijazah sarjana dari pejabat yang berwenang dari perguruan tinggi tempat ijazah tersebut diterbitkan;
f. Surat keterangan dokter dari dokter rumah sakit pemerintah;
g. Surat keterangan kepolisian dari kantor kepolisian setempat, tempat pelamar berdomisili (sesuai KTP);
h. Fotokopi piagam penghargaan, sertifikat atau surat keterangan hanya yang menyangkut kepedulian, pengetahuan dan/atau pengalaman dalam bidang penyiaran;
i. Surat dukungan dari masyarakat berupa surat dukungan dari perseorangan, komunitas, asosiasi dan/atau organisasi kemasyarakatan;
j. Surat pernyataan tidak terkait langsung atau tidak langsung dengan kepemilikan media penyiaran (radio, televisi) dibuat sesuai contoh, bermeterai Rp. 6.000,- dan ditandatangani oleh yang bersangkutan;
k. Surat pernyataan bukan anggota legislatif, yudikatif, dan pejabat struktural pemerintah dibuat sesuai contoh, bermeterai Rp. 6.000,- dan ditandatangani oleh yang bersangkutan;
l. Surat pernyataan nonpartisan (tak berpartai) dibuat sesuai contoh, bermeterai Rp. 6.000,- dan ditandatangani oleh yang bersangkutan;
m. Pasfoto berwarna ukuran 4x6 yang terbaru (minimal 2 tahun terakhir) sebanyak 2 (dua) lembar.

DAFTAR CONTOH PERSYARATAN KHUSUS SURAT PERNYATAAN:
1. Surat pernyataan mendaftarkan diri (melamar) , klik di sini untuk download contoh;
2. Daftar Riwayat Hidup, klik di sini untuk download contoh;
3. Surat pernyataan tidak terkait langsung atau tidak langsung dengan kepemilikan media penyiaran (radio, televisi), klik di sini untuk download contoh;
4. Surat pernyataan bukan anggota legislatif, yudikatif, dan pejabat struktural pemerintah, klik di sini untuk download contoh;
5. Surat pernyataan nonpartisan (tak berpartai), klik di sini untuk download contoh.

sumber: http://www.kpi.go.id/

19 February 2010

Pengumuman Rencana Pengangkatan dr/drg PTT Periode April 2010


PENGUMUMAN
Nomor : Kp.01.02.1.2.0280

Sehubungan dengan rencana penerimaan dokter/dokter gigi PTT periode April 2010, dengan ini disampaikan :
1. Rencana jadwal pengangkatan dokter/dokter gigi PTT periode April 2010.
a. Registrasi on-line di website : 01 Maret – 06 Maret 2010
b. Penerimaan berkas pendaftaran melalui PO BOX : 01 Maret – 12 Maret 2010
c. Pengumuman kelulusan : 23 Maret 2010
d. Lapor ke Dinkes Propinsi Lulusan : 25 – 29 Maret 2010
e. Pengarahan di Dinkes Lulusan dan pembayaran SPPD : 31 Maret 2010
f. Berangkat serentak ke Propinsi tujuan : 01 April 2010

2. Alokasi kebutuhan periode April 2010 akan ditayangkan melalui website www.ropeg-depkes.or.id pada tanggal 01 Maret 2010.

3. Prosedur pendaftaran dan kelengkapan berkas :
a. Pendaftaran secara on-line melalui website www.ropeg-depkes.or.id
b. Berkas dikirim ke PO BOX 1003 JKTM 12700 terdiri dari :
• Print out hasil registrasi on-line.
• Asli Surat Keterangan Sehat terbaru dari dokter Pemerintah (Puskesmas/RSUD/RSUP/RS TNI-POLRI).
• Fotocopy Ijazah Profesi dokter yang telah dilegalisir asli.
• Fotocopy STR yang diterbitkan oleh Konsil Kedokteran Indonesia (BUKAN LEGALISIR ASLI / bukan tanda terima pengurusan STR).

• Surat Pernyataan (download dari www.ropeg-depkes.or.id) terdiri dari :
1. Tidak terikat kontrak dengan instansi lain
2. Bersedia bertugas untuk waktu yang telah ditentukan
3. Tidak mengambil cuti selama penugasan
4. Saat ini dalam keadaan sehat dan tidak hamil
(dibuat 2 (dua) lembar, 1 (satu) lembar bermaterai dan 1 (satu) lembar copy)

• Fotocopy KTP/domisili yang disyahkan oleh pejabat pemerintah yang berwenang (legalisir asli RT/RW/Lurah/Camat).
• Fotocopy SMB bagi yang pernah melaksanakan PTT.
• Fotocopy surat nikah (bagi suami/istri yang sama-sama mendaftar).
• Melampirkan riwayat pekerjaan bagi dr/drg yang lulus FK/FKG sebelum April 2007.
• Berkas dimasukkan dalam :
Map warna biru = untuk dokter umum
Map warna merah = untuk dokter gigi

Download Informasi Lengkap: http://www.ropeg-depkes.or.id/

15 February 2010

Pengumuman Rekrutmen Pegawai LPDB-KUMKM TA 2010


KEMENTERIAN KOPERASI DAN USAHA KECIL DAN MENENGAH R.I.
LEMBAGA PENGELOLA DANA BERGULIR KOPERASI DAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (LPDB-KUMKM)
PENGUMUMAN
Nomor : 001/Pum/Dir.2.3/2010
TENTANG
REKRUTMEN PEGAWAI LPDB-KUMKM TA 2010

Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) membutuhkan Putera dan Puteri Indonesia yang memiliki idealisme, jujur dan berdedikasi untuk duduk dalam posisi :

1. Staf Divisi Perencanaan
1. Pendidikan minimal S1 di bidang ekonomi dan ilmu sosial yang relevan
2. Diutamakan mempunyai pemahaman mengenai Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) dan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKA-KL)
3. Mempunyai pengetahuan di bidang perencanaan dan memahami salah satu metode perencanaan
4. Mempunyai kemampuan di bidang pengumpulan dan analisa data
5. Mempunyai kemampuan dan pemahaman mengenai perencanaan yang berorientasi bisnis
6. Memiliki kemampuan mengoperasikan komputer, khususnya MS Office (word, excel dan power point)
7. Usia maksimal 30 tahun

2. Staf Monitoring dan Evaluasi
1. Pendidikan minimal S1 diutamakan dalam bidang ekonomi (keuangan, manajemen dan perbankan) atau teknik industri
2. Memahami konsep monitoring, evaluasi, risk management dan penerapannya
3. Mengetahui tentang akta jaminan
4. Memahami dan mengerti laporan keuangan
5. Memiliki kemampuan dalam menyusun laporan yang berkaitan dengan monitoring dan evaluasi
6. Jujur dan berdedikasi tinggi terhadap pekerjaan
7. Inovatif
8. Mampu berbahasa inggris aktif (lisan/tulisan)
9. Memiliki kemampuan mengoperasikan komputer, khususnya MS Office (word, excel dan power point)

3. Staf Bisnis
1. Pendidikan minimal S1
2. Diutamakan berpengalaman kerja menganalisis kredit minimal 2 (dua) tahun di lembaga perbankan/lembaga keuangan non-bank
3. Mampu menganalisa kredit, termasuk menganalisis proposal kredit sektor riil
4. Menguasai program/mengoperasikan komputer (Microsoft Office)
5. Berkepribadian menarik
6. Jujur/loyal, tekun dan teliti
7. Kreatif/Inovatif
8. Usia maksimal 30 tahun

4. Staf Umum
1. Pendidikan minimal D3 (diutamakan dari bidang studi administrasi)
2. Memiliki kemampuan dalam korespondensi
3. Jujur dan berdedikasi tinggi terhadap pekerjaan
4. Inovatif
5. Memiliki kemampuan mengoperasikan komputer, khususnya MS Office (word, excel dan power point)
6. Mampu bekerja dengan tim
7. Mampu berbahasa inggris aktif (lisan/tulisan)

5. Sekretaris Direksi
1. Pendidikan minimal D3 sekretaris
2. Wanita, berpenampilan menarik
3. Jujur dan berdedikasi tinggi terhadap pekerjaan
4. Inovatif
5. Mampu berbahasa inggris aktif (lisan/tulisan)
6. Memiliki kemampuan mengoperasikan komputer, khususnya MS Office (word, excel dan power point)

6. Staf Keuangan
1. Pendidikan minimal D3 Akuntansi
2. Memiliki kemampuan dalam menerapkan prinsip-prinsip accounting dan manajemen keuangan
3. Memiliki pemahaman yang baik terkait ketentuan pajak
4. Jujur dan berdedikasi tinggi terhadap pekerjaan
5. Inovatif
6. Mampu berbahasa inggris aktif (lisan/tulisan)
7. Memiliki kemampuan mengoperasikan komputer, khususnya MS Office (word, excel dan power point)

7. Staf Hukum
1. Pendidikan minimal S1 Hukum
2. Memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam menganalisa suatu persoalan/kasus hukum
3. Mampu berbahasa inggris aktif (lisan/tulisan)
4. Memiliki kemampuan mengoperasikan komputer, khususnya MS Office (word, excel dan power point)
5. Berkepribadian menarik
6. Memiliki sikap jujur dan loyal
7. Usia maksimal 30 tahun

8. Staf Humas
1. Pendidikan minimal S1 (diutamakan dari bidang studi ilmu komunikasi)
2. Memiliki pengalaman kerja minimal 1 tahun (diutamakan pernah bekerja di bidang jurnalistik atau kehumasan)
3. Memiliki kemampuan mengoperasikan komputer, khususnya MS Office (word, excel dan power point)
4. Mampu berbahasa inggris aktif (lisan/tulisan)
5. Mampu bekerja outdoor
6. Mampu bekerja dengan tim
7. Berpenampilan menarik
8. Memiliki sikap jujur dan loyal
9. Usia maksimal 30 tahun

9. Staf Manajemen Risiko
1. Pendidikan minimal S1 di bidang ekonomi, bisnis atau informatika
2. Berpengalaman di bidang Perbankan/Lembaga Keuangan
3. Mempunyai pengetahuan di bidang pelayanan keuangan kepada Usaha Mikro dan Kecil (UKM)
4. Mempunyai kemampuan untuk menganalisa risiko internal maupun eksternal
5. Mempunyai kemampuan di bidang analisa keuangan
6. Mempunyai kemampuan di bidang statistika
7. Mampu berbahasa inggris aktif (lisan/tulisan)
8. Memiliki kemampuan mengoperasikan komputer, khususnya MS Office (word, excel dan power point)
9. Usia Maksimal 30 tahun

Lamaran dilakukan dengan mengisi form lamaran yang terdapat dalam http://lamaran.danabergulir.com selambat-lambatnya 14 hari sejak pengumuman ini.
Untuk mengetahui Kami lebih lanjut, dapat mengunjungi website kami, www.danabergulir.com.

Penerimaan Calon Karyawan PT. Pos Indonesia (Persero) Tahun 2010


1. PERSYARATAN :
a. Memiliki ijazah minimal Program Diploma-III (D-III) dari Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta yang terakreditasi dengan jurusan Manajemen, Akuntansi, Logistik, Manajemen Informatika, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Pajak, Aktuaria dan Pemasaran.
b. Indeks Prestasi Kumulatif minimal 2,75 (Dua koma tujuh puluh lima).
c. Diutamakan telah memiliki pengalaman bekerja pada suatu unit kerja institusi /Perusahaan/Lembaga/Kantor.
d. Usia maksimal 30 tahun (sampai dengan tanggal 23 Februari 2010).
e. Status bujangan/berkeluarga.
f. Bagi pelamar yang belum menikah, bersedia untuk tidak melakukan pernikahan selama masa Program Orientasi Kerja yang dinyatakan dengan pelamar membuat Surat Pernyataan bermeterai.
g. Bagi pelamar wanita harus dalam keadaan tidak hamil dan bersedia tidak hamil selama masa Program Orientasi Kerja yang dinyatakan dengan pelamar membuat Surat Pernyataan bermeterai.
h. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia yang dinyatakan dengan pelamar membuat Surat Pernyataan bermeterai.
i. Bersedia menjalani Ikatan Dinas yang dinyatakan dengan pelamar membuat Surat Pernyataan bermeterai.
j. Tidak sedang dalam proses pengusutan suatu pelanggaran dengan pihak yang berwajib karena tindakan kriminal yang dinyatakan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian (cukup dengan foto copynya).
k. Tidak terlibat perkara narkoba dan bebas dari penyalahgunaan narkoba atau obat psikotropika lainnya yang dilarang penggunaannya, yang dinyatakan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba dari Kepolisian (cukup dengan foto copynya).
l. Lulus seleksi yang dilaksanakan meliputi seleksi /test :
- Administrasi
- TPA
- Psikotest
- Kesehatan
- Wawancara

2. PENGHARGAAN, KOMPENSASI DAN BENEFIT
a. Pelamar yang dinyatakan lulus seleksi diangkat sebagai calon karyawan, dengan ijazah Program Diploma-III (D-III) dengan pangkat Calon Pengatur Pos/Golongan II-C
b. Selama menjalani masa sebagai calon karyawan diberikan Program Orientasi Kerja (POK) bagi calon karyawan selama lebih kurang 3 (tiga) bulan, dengan pembagian waktu : 2 (dua) bulan pembekalan di kelas dan 1 (satu) bulan On The Job Training (OJT) di UPT atau dapat diatur lebih lanjut sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.

3. IKATAN DINAS
Setelah menyelesaikan masa program orientasi kerja, calon karyawan bersedia melakukan Ikatan Dinas pada PT Pos Indonesia (Persero) selama 3 (tiga) tahun terhitung sejak diangkat sebagai karyawan.

4. CARA MELAMAR
Pelamar mengirimkan berkas lamaran melalui Kantor Pos terdekat menggunakan layanan Surat Kilat Khusus atau Pos Express, paling lambat dikirim tanggal 28 Februari 2010 (cap pos), dialamatkan kepada :

Direktur Sumber Daya Manusia, PT Pos Indonesia (Persero)
c.q. Kepala Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia,
Jalan Cilaki No.73 Bandung 40115


sumber: http://www.posindonesia.co.id/

11 February 2010

Pengumuman Penetapan Peserta Seleksi Penerimaan Pegawai PT. Kereta Api (Persero)


Setelah melalui seleksi administrasi Penerimaan Pegawai Baru Tingkat S1 dan D3 Tahun 2010, PT. Kereta Api (Persero) menetapkan pelamar yang dinyatakan dapat mengikuti Seleksi Tahap I (Tes Psikologi dan Apptitude) adalah sebagaimana daftar di bawah.

10 February 2010

Lowongan BUMN PT. BATAN TEKNOLOGI (Persero)


Kami adalah Badan Usaha Milik Negara yang berlokasi di Kawasan PUSPIPTEK - Serpong, Gd. 70, Tangerang Selatan, Banten, menawarkan kesempatan karir bagi kandidat muda yang dinamis dan profesional untuk mengisi posisi berikut:

1. Pelaksana Pemasaran dan Promosi Produk dan Jasa
2. Pelaksana Kendali Kualitas
3. Pelaksana Produksi

a. Syarat Umum :
- Sanggup bekerja secara mandiri maupun dalam tim
- Berkemauan keras & memiliki motivasi kerja
- Bersedia bekerja lembur jika dibutuhkan
- Diutamakan lulusan dari universitas terkemuka
- Tidak buta warna

b. Syarat Khusus :
1. Pelaksana Pemasaran dan Promosi Produk dan Jasa
- Sarjana (S1)
- Memiliki pengetahuan / pengalaman di bidang Manajemen Pemasaran

2. Pelaksana Kendali Kualitas
- Pria
- Apoteker

3. Pelaksana Produksi
- Pendidikan min. D3 Teknik Kimia / Kimia / Teknologi Nuklir / Proteksi Radiasi / Fisika Medis / Farmasi / Tekno Fisika / Mesin

Lamaran diterima paling lambat 7 hari setelah pengumuman ini (16 Februari 2010) dimuat dengan mengirimkan surat lamaran lengkap ke :

PT. Batan Teknologi (Persero)
Kawasan PUSPIPTEK Gd. 70
Serpong - Tangerang 15310
PO BOX 343 Ciputat 15400


Hanya pelamar yang memenuhi kualifikasi yang akan dipanggil.
Tangerang Selatan, 9 Februari 2010
Subdivisi Adm. dan Personalia

sumber: http://www.bumn-ri.com/

08 February 2010

Lowongan BUMN PTPN XIII


BUMN Perkebunan dengan wilayah kerja di Kalimantan mengundang tenaga-tenaga potensial yang gigih, ulet, mau bekerja keras, berani menghadapi tantangan, memiliki motivasi tinggi dan punya integritas untuk menduduki posisi karyawan pimpinan, dengan latar belakang pendidikan sebagai berikut:

1. S1 Pertanian :
a. Agronomi (Kode : TAN-A)
b. Sosial Ekonomi (: TAN-S)
c. Mekanisasi Pertanian (Kode : TAN-M)
d. Ilmu Tanah (Kode : TAN-T)

2. S1 Kehutanan :
a. Teknologi Hasil Hutan (HUT-T)
b. Budidaya Hutan (HUT-B)
c. Manajemen Hutan (HUT-M)

3. S1 Teknik :
a. Teknik Mesin Produksi (Kode : TEK-M)
b. Teknik Elektro Arus Kuat (Kode : TEK-E)
c. Teknik Sipil (TEK-S)
d. Teknik Industri (TEK-I)
e. Teknik Kimia (TEK-K)
f. Teknik Lingkungan (TEK-L)

4. S1 Ekonomi :
a. Akuntansi (AKT-E)
b. Manajemen (MNJ-E)
c. Studi Pembangunan (ISP-E)

5. S1 Informatika
a. Maintenance Data base (INF-M)
b. Programmer (INF-P)

6. S1 Sospol (SOS-D)
7. Psikolog (PSI -I)
8. S1 Hukum (HKM-H)
9. S1 Komunikasi (KOM-K)
10. Dokter Umum (DOK-U)
11. Dokter Gigi (DOK-G)


Persyaratan:
* Warga Negara Indonesia, Lahir setelah 28 Februari 1983 (khusus Sarjana dari luar Perusahaan)
* IPK Minimal 2,75.
* Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja perusahaan.
* Diutamakan memiliki pengalaman kerja yang relevan dengan bidang yang dilamar.
* Diutamakan lancar berbahasa Inggris.
* Karena sifat pekerjaan yang dilakukan, dibutuhkan laki-laki untuk Kode : TAN-A, TAN-S, TAN-M, TAN-T, TEK-M, TEK-E, TEK-S, TEK-I, TEK-K, TEK-L, HUT-T, HUT-B, HUT-M. Sedangkan kode AKT-E, MNJ-E dan ISP-E diutamakan laki-laki.
* Kode INF-M menguasai data base SQL/Oracle.
* Kode INF-P menguasai data base SQL/oracle dan berbasis web online, arch view, Map source, PHP dan Map Server.
* Kode HKM-H menguasai permasalahan pertanahan dan SDM.
* Kode KOM-K menguasai public relation.
* Kode PSI-I telah menyelesaikan program profesi atau S2 Magister Psikologi.
* Kode AKT-E S1 akuntansi atau telah menyelesaikan profesi akuntan.
* Surat Keterangan Catatan Kepolisian yang menerangkan tidak pernah dihukum karena melakukan tindak kejahatan.
* Surat Keterangan Sehat & Surat Keterangan Tidak Buta Warna dari Dokter.
* Surat Pernyataan yang menyatakan bahwa tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat dari Instansi atau Badan Hukum Pemerintah maupun Swasta.

Kirimkan aplikasi disertai fotokopi ijazah S1 dan transkrip nilai (dilegalisir), pas foto 4x6 terbaru 3 lembar (tulis nama di belakang masing-masing foto), Curriculum Vitae (Daftar Riwayat Hidup dan Pekerjaan) dilengkapi no. telepon/ponsel yang bisa dihubungi, fotokopi KTP yang masih berlaku, dan persyaratan administrasi lainnya seperti tersebut diatas, ditujukan kepada :

PANITIA SELEKSI XIII R 3
LEMBAGA PENDIDIKAN PERKEBUNAN
ASSESSMENT CENTRE
Jl. Jend. Urip Sumoharjo No. 100, Yogyakarta – 55222


Sebutkan kode posisi / formasi dan tentukan pilihan lokasi tes di Pontianak, Banjarmasin, Balikpapan atau Yogyakarta di sebelah kiri atas amplop lamaran. Lamaran diterima Panitia paling lambat tanggal 25 Februari 2010. Hanya pelamar yang memenuhi syarat dan kuota yang akan dipanggil untuk mengikuti seleksi.

Lamaran menjadi milik Panitia. Company Profile, persyaratan dan tahapan tes dapat dilihat di website http://www.lpp.ac.id. Pengumuman peserta yang dipanggil untuk mengikuti Tes Tahap I dapat dilihat melalui website LPP pada tanggal 15 Maret 2010. Keputusan Panitia bersifat mutlak. Panitia tidak melayani surat menyurat & telepon yang berkaitan dengan hasil tes. Selama proses seleksi, akomodasi dan transportasi tidak ditanggung perusahaan.

sumber: http://www.lpp.ac.id

06 February 2010

Lowongan Pegawai Tetap PERUM Pegadaian Tahun 2010


Perum Pegadaian mengundang putra-putri terbaik Indonesia yang berkualitas, memiliki komitmen, integritas dan moralitas tinggi serta sanggup bekerja keras untuk bergabung sebagai Pegawai Tetap dalam posisi Penaksir/Pengelola Unit Pelayanan Cabang (UPC) yang akan ditempatkan di wilayah kerja Kanwil Balikpapan (Pulau Kalimantan), Kanwil Manado (Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Papua) dan Kanwil Makassar (Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara dan Maluku). Kriteria yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut :

A. KETENTUAN UMUM PELAMAR :
1. Pelamar adalah Warga Negara Republik Indonesia (WNI), diutamakan putra daerah setempat;
2. Usia pelamar adalah kelahiran 1985 max untuk D3, dan kelahiran 1983 max untuk S1;
3. Pendidikan pelamar minimum D3 dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.00 pada skala 4 sedangkan pelamar dengan pendidikan S1 dengan IPK minimal 2.75 pada skala 4;
4. Pelamar S1, S2 dan seterusnya pangkat dan jabatan atau grade disetarakan dengan kebutuhan D3 di Perum Pegadaian namun ijazah yang dimiliki dapat dijadikan pertimbangan prioritas untuk jenjang status dan karir lebih lanjut;
5. Lebih disukai berjenis kelamin laki-laki;
6. Tinggi badan minimal 160 cm dengan berat badan proporsional;
7. Berpenampilan menarik, enerjik dan ramah;
8. Program Studi yang diterima : lulusan Program Studi Ekonomi (Manajemen, Akuntansi, Ilmu Ekonomi), Ekonomi Syariah, Perbankan, Psikologi, Komputer, Hukum, Administrasi Niaga, Komunikasi, Manajemen Bisnis;
9. Lebih disukai yang berakreditasi jurusan minimal B (sesuai akreditasi BAN-PT);
10. Lebih disukai yang memiliki referensi pengalaman kerja bidang Customer Service/Layanan Pelanggan, Kasir, Pramugari/Pramugara, Administrasi Perkantoran;
11. Lebih disukai memiliki kemampuan mengoperasikan aplikasi Computer Office;
12. Belum menikah dan sanggup untuk tidak menikah selama 1 tahun sejak diangkat sebagai Pegawai Tetap Perum Pegadaian;
13. Sehat Jasmani, Rohani, Bebas dari Penggunaan Narkoba dan Obat Psikotropika,serta tidak Buta Warna.

B. PERSYARATAN ADMINISTRATIF dan CARA MELAMAR :

1. Pelamar membuat surat lamaran disertai Riwayat Hidup yang ditujukan ke Direktur Utama Perum Pegadaian c.q Pemimpin Wilayah V Perum Pegadaian di Balikpapan atau Pemimpin Wilayah VI Perum Pegadaian di Manado atau Pemimpin Wilayah VII Perum Pegadaian di Makassar (sesuai tempat tinggal dan domisili pelamar);
2. Pas foto terbaru ukuran 4 X 6 sebanyak 3 lembar dan ukuran postcard seluruh badan sebanyak 2 lembar;
3. Foto Copy KTP yang masih berlaku sebanyak 1 lembar;
4. Foto Copy Akte Kelahiran / Surat Keterangan Lahir sebanyak 1 lembar;
5. Foto Copy Ijasah yang dilegalisir (untuk PTS dilegalisir oleh Kopertis) dengan tanggal legalisir 1 Januari 2010 atau setelahnya (Surat Keterangan Lulus tidak diperbolehkan);
6. Foto Copy Transkrip Nilai Akademik yang dilegalisir (untuk PTS dilegalisir oleh Kopertis) dengan tanggal legalisir 1 Januari 2010 atau setelahnya;
7. Foto Copy sertifikat keterampilan computer dan/atau prestasi di bidang olahraga, seni budaya yang dimiliki (preferable);
8. Referensi/surat pengalaman kerja (preferable yang sesuai dengan bidang bisnis Pegadaian);
9. Asli Surat Keterangan Belum Menikah (minimal dari Kelurahan setempat);
10. Asli Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB)/Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Kepolisian yang masih berlaku atau fotokopi yang telah dilegalisir dan masih berlaku;
11. Membuat surat pernyataan bermaterai Rp.6.000,- dilampirkan pada berkas lamaran (format surat pernyataan dapat di-download di website), yang menyatakan :
- Bersedia mematuhi seluruh ketentuan rekrutmen. Apabila setelah dinyatakan lulus dalam keseluruhan tahapan seleksi ternyata terbukti memberikan keterangan yang tidak benar atau tidak sesuai dengan persyaratan administrasi yang ditentukan oleh Perum Pegadaian, maka bersedia untuk dibatalkan kelulusannya sebagai Pegawai Tetap Perum Pegadaian dan bersedia diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku;
- Bersedia tidak menikah selama 1 tahun sejak diangkat sebagai Pegawai Tetap Perum Pegadaian;
- Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Republik Indonesia;
- Bersedia diterima sebagai Pegawai Tetap pada pangkat/grade sesuai dengan
ketentuan kualifikasi setara lulusan D3 berdasarkan peraturan dan ketentuan yang
berlaku di Perum Pegadaian;
- Bersedia tunduk dengan aturan dan ketentuan yang berlaku di Perum Pegadaian;
- Bersedia mengganti biaya yang telah dikeluarkan selama proses seleksi apabila pelamar telah dinyatakan lulus seleksi tahap akhir dan mengundurkan diri sepihak;
- Bersedia berangkat menuju tempat penempatan On The Job Training dengan biaya sendiri;
- Bersedia menanggung segala biaya transportasi dan akomodasi selama proses seleksi dari tempat tinggal (domisili) peserta/pelamar ke tempat lokasi seleksi (lokasi seleksi di Balikpapan, Manado, Jayapura dan Makassar);
13. Berkas lamaran lengkap dengan lampiran dimasukkan dalam amplop coklat dan dikirimkan melalui PO.BOX yang dituju paling lambat sudah diterima di PO.BOX pada tanggal 11 Februari 2010;
14. Hanya pelamar yang memenuhi syarat serta lengkap yang dipanggil/diumumkan untuk mengikuti seleksi tahap selanjutnya;
15. Seluruh berkas lamaran yang masuk menjadi milik Perum Pegadaian dan tidak dapat ditarik/diambil kembali dengan alasan apapun;
16. Pelamar yang pernah mengirimkan lamaran sebelum adanya pengumuman rekrut ini apabila masih berminat, agar mengajukan lamaran kembali sesuai persyaratan dan ketentuan dalam rekrutmen ini, Pelamar agar mengirimkan 1 (satu) berkas lamaran saja ke PO.BOX yang telah ditentukan;
17. Tahapan proses seleksi penting untuk diperhatikan oleh para pelamar :
a. Penerimaan lamaran melalui PO.BOX dibuka sejak dimuatnya pengumuman di website www.pegadaian.co.id dan media massa yang ditentukan hingga paling lambat sudah diterima di PO.BOX Tanggal 11 Februari 2010;
b. Pengumuman pelamar yang lulus seleksi administratif untuk berhak mengikuti seleksi wawancara Tanggal 15 Februari 2010 di www.pegadaian.co.id ;
c. Seleksi Wawancara Tanggal 17 – 18 Februari 2010;
d. Pengumuman seleksi wawancara Tanggal 19 Februari 2010;
e. Seleksi tertulis General Aptitude Test (GAT) dan Bahasa Inggris Tanggal 21 Februari 2010, hasil test langsung dievaluasi dengan menggunakan komputer dan diumumkan pada sore/malam harinya melalui website www.pegadaian.co.id;
f. Seleksi Psikotes Tanggal 22 Februari 2010 bagi yang dinyatakan lulus seleksi tertulis;
g. Pengumuman peserta lulus psikotes Tanggal 5 Maret 2010;
h. Tes kesehatan dilaksanakan oleh Dokter Pemerintah yang ditunjuk oleh Perum Pegadaian dan pelaksanaannya pada Tanggal 8 – 11 Maret 2010;
i. Pengumuman peserta lulus tes kesehatan Tanggal 19 Maret 2010;
j. Peserta lulus tes kesehatan selanjutnya mengikuti Tahapan On The Job Training (OJT) yang meliputi Induksi, Diklat Penaksir Muda dan Praktik Kerja di Kantor Cabang;
k. Induksi dilaksanakan Tanggal 22 – 26 Maret 2010;
l. Praktik Kerja di Kantor Cabang dilaksanakan 29 Maret – 22 Mei 2010;
m. Diklat Penaksir Muda direncanakan dilaksanakan di tengah masa Praktik Kerja, yaitu diperkirakan mulai 5 April 2010 sampai selesai (5 minggu);
n. Peserta yang lulus On The Job Training diangkat sebagai Pegawai Tetap terhitung mulai tanggal 1 Juni 2010.
19. Alamat lamaran agar ditujukan Kepada Yth. Direktur Utama Perum Pegadaian c.q. Pemimpin Wilayah V Pegadaian Balikpapan PO.BOX 42324 BALIKPAPAN atau Kepada Yth. Direktur Utama Perum Pegadaian c.q. Pemimpin Wilayah VI Pegadaian Manado PO.BOX 6000 MANADO atau Kepada Yth. Direktur Utama Perum Pegadaian c.q. Pemimpin Wilayah VI
Pegadaian Makassar PO.BOX 7000 PEGADAIAN MKS 90000. Alamat tujuan lamaran disesuaikan dengan provinsi tempat tinggal dan domisili peserta, silakan lihat di pembuka pengumuman ini (Peserta/pelamar wajib mencantumkan nama Kota madya/Kabupaten asal domisili peserta pada sudut kanan atas amplop lamaran );
20. Keputusan kelulusan bersifat final dan mutlak tidak dapat diganggu gugat, serta tidak diadakan surat menyurat;
21. Peserta yang dinyatakan lulus sebagai Pegawai Tetap wajib menandatangani perjanjian ikatan dinas.

Hanya pelamar yang memenuhi syarat dengan kriteria terbaik serta tercepat mengirim lamaran yang dipanggil dalam seleksi. PERUM Pegadaian adalah BUMN yang menerapkan Good Corporate Governance (GCG). Selama proses seleksi tidak dipungut biaya apapun dan tidak diadakan tanya jawab apapun juga.

Download Pengumuman Lengkap: http://www.pegadaian.co.id/

01 February 2010

Penerimaan Penyuluh Perikanan Tenaga Kontrak (PPTK) Kementerian Kelautan dan Perikanan


PENERIMAAN PENYULUH PERIKANAN TENAGA KONTRAK (PPTK)
KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN
BADAN PENGEMBANGAN SDM KELAUTAN DAN PERIKANAN
PUSAT PENGEMBANGAN PENYULUHAN
TAHUN 2010

Dalam rangka mewujudkan visi Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk Menjadikan Indonesia Sebagai Penghasil Produk Kelautan dan Perikanan Terbesar Tahun 2015, diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas untuk mengelola sumber daya kelautan dan perikanan secara efisien dan berkesinambungan demi kesejahteraan bangsa Indonesia. Sumber daya manusia yang handal dan professional merupakan modal dasar bagi pembangunan kelautan dan perikanan.

Mencermati visi Kementerian Kelautan dan Perikanan yang menjabarkan peningkatan target kuantitatif secara terukur; disamping itu, rincian lanjut berupa sasaran strategis Pusat Pengembangan Penyuluhan KP menjelaskan hal-hal yang harus dicapai, yaitu: Seluruh kawasan potensi perikanan menjadi kawasan MINAPOLITAN dengan usaha yang bankable. Dalam kerangka mewujudkan sasaran strategis dimaksud, maka ditetapkan dua indikator kinerja yang harus diwujudkan oleh Pusat Pengembangan Penyuluhan KP, yaitu:

1. Peningkatan persentase kelompok dengan usaha yang bankable (akses dengan bank);
2. Peningkatan persentase materi penyuluhan menjangkau kawasan minapolitan oleh penyuluh.

Pada tataran penjabaran target keberhasilan visi Kementerian Kelautan dan Perikanan, yang mencantumkan angka peningkatan produksi perikanan budidaya sebesar 353%; maka tidak ada jalan lain, kecuali menggerakkan seluruh potensi sumber daya manusia kelautan dan perikanan secara bersama melangkah dan menyatukan persepsi. Langkah terobosan yang telah dilakukan Pusat Pengembangan Penyuluhan KP selama beberapa tahun ini adalah merekrut lulusan D III atau D IV atau S1 bidang perikanan, sebagai Penyuluh Perikanan Tenaga Kontrak (PPTK). Sepanjang tahun 2009, sejumlah lulusan D IV atau S1 bidang perikanan, telah memberikan waktunya mendukung program kelautan dan perikanan sebagai PPTK dengan menandatangani kontrak kerja sebagaimana tercantum dalam surat Keputusan Kepala Pusat Pengembangan Penyuluhan BPSDMKP Nomor SK.001/BPSDMKP.4/KP.350/ 1/2009 dan Nomor SK.003/BPSDMKP.04/TU.210/I/2009; yang menyatakan bahwa seluruh PPTK yang melakukan kontrak kerja pada tahun 2009 telah berakhir masa kontraknya tanggal 31 Desember 2009.

Pada tahun 2010, Pusat Pengembangan Penyuluhan, Badan Pengembangan SDM KP membuka Penerimaan Penyuluh Perikanan Tenaga Kontrak dengan penajaman persyaratan, sehingga memberi keyakinan bahwa PPTK tahun 2010 yang memenuhi persyaratan akan menjadi dinamisator dan penggerak utama yang mampu meningkatkan Pengembangan Penyuluhan dalam mewujudkan dua indikator kinerja tersebut di atas.

Penyuluh Perikanan Tenaga Kontrak (PPTK) pada Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2010 harus memenuhi persyaratan dan mengirimkan surat lamaran sesuai dengan petunjuk teknis tentang Penerimaan Penyuluh Perikanan Tenaga Kontrak (PPTK) pada Kementerian Kelautan dan Perikanan tahun 2010 (terlampir) dan paling lambat sudah diterima oleh panitia di Pusat Pengembangan Penyuluhan tanggal 6 Februari 2010 baik melalui pos ataupun email.

Jakarta, Januari 2010
Pusat Pengembangan Penyuluhan

Berikut adalah Cara Petunjuk Teknis Perpanjangan PPTK, dapat di Download pada lampiran di bawah ini :
Petunjuk Teknis Perpanjangan PPTK 1.02.2010

sumber: http://www.dkp.go.id/