23 March 2011

Penerimaan PT Pupuk Sriwidjaja Palembang Tahun 2011


PT Pupuk Sriwidjaja Palembang adalah perusahaan yang bergerak dalam industri pupuk, produk kimia dan jasa-jasa teknik, termasuk mengemban misi Pemerintah dalam menyalurkan dan menjual pupuk bersubsidi dalam mendukung ketahanan pangan nasional. Saat ini PT Pupuk Sriwidjaja Palembang membutuhkan karyawan untuk ditempatkan di berbagai bidang sesuai kebutuhan perusahaan.

I. FORMASI
A. TINGKAT SARJANA
S1 Teknik

  • Teknik Kimia (ST-KIM)
  • Teknik Mesin (ST-MSN)
  • Teknik Fisika (ST-FIS)
  • Teknik Elektronika (ST-ELK)
  • Teknik Elektro/Listrik (ST-ELT)
  • Teknik Lingkungan (ST-LNG)
  • Ilmu Komputer / Teknik Informatika / Teknik Komputer (ST-INF)
  • Teknik Industri (ST-IND)
  • Ilmu Tanah (ST-TNH)

S1 Non Teknik
  • Psikologi Industri (SN-PSI)
  • Manajemen Keuangan (SN-MNJ)
  • Akuntansi (SN-AKT)
  • Asuransi Kerugian (SN-ASR)

B. TINGKAT DIPLOMA
D3 Teknik
  • Teknik Kimia (DT-KIM)
  • Teknik Mesin (DT-MSN)
  • Teknik Listrik (DT-LST)
  • Teknik Instrumentasi (DT-INS)
  • Teknik Elektronika (DT-ELK)
  • Teknik Telekomunikasi (DT-TKM)
  • Teknik Sipil (DT-SPL)
  • Pertamanan/Landscaping (DT-LSC)
  • Analisa Kimia (DT-AKM)
  • Teknik Komputer/Ilmu Komputer (DT-KOM)
  • Manajemen Informatika (DT-MIN)

D3 Non Teknik
  • Administrasi Niaga (DN-ADM)
  • Akuntansi (DN-AKT)


II. PERSYARATAN
A. PERSYARATAN UMUM UNTUK SELURUH TINGKAT PENDIDIKAN
  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Batas usia dihitung per 1 APRIL 2011.
  3. Sehat jasmani dan rohani.
  4. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah operasi perusahaan.
  5. Jurusan / Program Studi yang dilamar harus sesuai dengan latar belakang pendidikan yang disyaratkan.
  6. Hanya diperkenankan mengajukan lamaran untuk satu bidang keahlian.

B. PERSYARATAN KHUSUS TINGKAT SARJANA
  1. Pendidikan S1
  2. IPK minimal 2,60 (untuk jurusan dengan akreditasi A), 2,80 (akreditasi B), dan 3,00 (akreditasi C).
  3. Usia maksimal 27 tahun.
  4. Untuk jurusan Teknik Kimia, Teknik Elektronika, Teknik Elektro/Listrik : Tidak buta warna (total atau parsial).
  5. Nilai TOEFL / TOEFL Prediction minimal 450. (Sertifikat dikeluarkan oleh Lembaga Bahasa / UPT Perguruan Tinggi Negeri, maksimal masa berlaku : 1 tahun).
  6. Karena sifat pekerjaannya, untuk jurusan Teknik Kimia dan Ilmu Komputer/Teknik Informatika/Teknik Komputer diutamakan Laki-laki.
  7. Untuk jurusan Psikologi, diutamakan Laki-laki.
  8. Untuk Ilmu Komputer/T.Informatika/T.Komputer : Diutamakan menguasai program database Oracle, OS Solaris, dan pengoperasian server.

C. PERSYARATAN KHUSUS TINGKAT DIPLOMA
  1. Pendidikan D3.
  2. IPK minimal 2,60 (untuk jurusan dengan akreditasi A), 2,80 (akreditasi B), dan 3,00 (akreditasi C).
  3. Usia maksimal 25 tahun.
  4. Untuk D3 Teknik : Tidak berkacamata/contact lens atau berkacamata maksimal -1 (kecuali T.Komputer).
  5. Untuk jurusan Untuk jurusan T.Kimia, T.Listrik, T.Elektronika, Analisa Kimia, & T.Instrumentasi : Tidak buta warna (total atau parsial).
  6. Nilai TOEFL / TOEFL Prediction minimal 400. (Sertifikat dikeluarkan oleh Lembaga Bahasa / UPT Perguruan Tinggi Negeri, maksimal masa berlaku : 1 tahun).
  7. Karena sifat pekerjaannya, untuk jurusan Teknik Kimia, Analisa Kimia, dan Teknik Komputer diutamakan Laki-laki.
  8. Untuk Teknik Komputer : Diutamakan menguasai Linux, Unix, Windows, mampu memasang jaringan LAN, mengerti trouble shooting komputer.


III. TATA CARA PENDAFTARAN
Persiapan Sebelum Mengajukan Lamaran
  1. Proses awal registrasi lamaran melalui situs ITB Career Center merupakan tahapan paling krusial. Proses ini dilakukan sepenuhnya oleh pelamar. Untuk mengurangi kesalahan, pelamar dihimbau untuk mempersiapkan seluruh data dan dokumen pendukung yang diperlukan.
  2. Untuk menghemat waktu akses, sebelum mengisi formulir lamaran ini pastikan bahwa Anda telah menyiapkan data-data yaitu :
    • Nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP).
    • Surat elektronik (e-mail) pribadi yang masih aktif yang biasa dan selalu Anda akses secara berkala.
    • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) transkrip nilai pendidikan terakhir.
    • Nilai TOEFL maksimal 1 tahun terakhir.
  3. Usahakan untuk mengakses internet tidak pada jam sibuk atau pada tempat umum (warnet / wi-fi) yang kecepatan aksesnya tidak Anda ketahui.
  4. Bacalah terlebih dahulu seluruh persyaratan yang diperlukan sebelum menentukan tingkat dan bidang pendidikan yang mana yang akan Anda lamar.

Registrasi Online
  1. Siapkan seluruh data yang diperlukan.
  2. Lamaran hanya melalui registrasi online melalui situs http://www.pdc.itb.ac.id.
  3. Cari tingkat dan bidang pendidikan yang akan Anda lamar dan isilah formulir yang disediakan.
  4. Saat pengisian pastikan untuk mengisi formulir dengan benar dan lengkap sesuai petunjuk tertulis. Kesalahan pengisian sehingga terjadi ketidaksesuaian dengan berkas lamaran yang akan dikirim melalui pos mengakibatkan ketidaklulusan pada tahap I (verifikasi administrasi).
  5. Setelah mengisi formulir aplikasi dan mengirimkannya secara online, pelamar akan mendapat konfirmasi melalui email. Konfirmasi tersebut berisi nomor registrasi yang akan digunakan untuk mengirimkan dokumen. Anda tidak dapat menerima e-mail registrasi apabila alamat e-mail yang anda input salah dan atau sudah tidak aktif, sehingga Anda tidak bisa log-in untuk pengumuman selanjutnya. Kami tidak bertanggung jawab atas kesalahan pelamar dalam memasukkan alamat e-mail.
  6. Pelamar hanya diperkenankan untuk melamar untuk satu posisi saja. Untuk itu pastikan Anda telah memilih tingkat dan bidang pendidikan yang sesuai, serta menuliskan semua data dengan benar, sebelum menekan tombol KIRIM.
  7. Pelamar wajib mengisi aplikasi dengan data/informasi yang sebenar-benarnya karena data ini yang akan diklarifikasi saat pelaksanaan verifikasi dokumen.
  8. Masa registrasi online adalah 1 – 3 April 2011. Batas akhir registrasi adalah tanggal 3 April 2011 pukul 24.00 WIB.
  9. Aplikasi yang masuk setelah batas akhir registrasi dan/atau tidak melamar secara online, dianggap tidak berlaku.

Pengiriman Dokumen
  1. Setelah melakukan registrasi online, Anda akan menerima notifikasi melalui email. Segera persiapkan dokumen-dokumen yaitu :
    • Fotokopi ijazah dan transkrip nilai sesuai dengan persyaratan pendidikan yang dilegalisir oleh pejabat berwenang. Surat tanda kelulusan TIDAK BERLAKU.
    • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk yang masih berlaku.
    • Pasfoto berwarna ukuran 3x4 sebanyak 2 lembar.
    • Sertifikat TOEFL institusional / TOEFL prediction ASLI.
  2. Kirimkan dokumen-dokumen yang diminta dan masukkan ke dalam amplop coklat. Tuliskan nomor registrasi Anda di pojok kanan atas amplop.
  3. Kirimkan dokumen ke alamat :
  4. ITB Career Center
    Gedung GKU Timur Jl. Ganesha 10 Bandung 40132
    UP : ……………
  5. Masa penerimaan dokumen dari tanggal 1 – 11 April 2011 (batas akhir diterima oleh ITB Career Center). Namun usahakan untuk mengirimkan dokumen yang diminta sesegera mungkin setelah Anda menerima notifikasi email dan mendapat nomor registrasi.
  6. Apabila data yang dimasukkan pada registrasi online tidak sesuai dengan data dokumen yang dikirim, maka pelamar dianggap gugur dalam seleksi administrasi.
  7. Dokumen yang masuk setelah tanggal 11 April 2011 tidak akan diproses dan peserta tidak berhak mengikuti proses berikutnya.


IV. TAHAPAN SELEKSI DAN WAKTU TENTATIF SELEKSI
I. Pengumuman dan registrasi
  • Pengumuman resmi melalui internet : 22 – 31 Maret 2011
  • Registrasi online melalui situs ITB Career Center : 1 – 3 April 2011
  • Penerimaan Dokumen dan veriifikasi administrasi : 4 – 11 April 2011 (diterima ITB Career Center)
  • Pengumuman pelamar dipanggil untuk Seleksi Tahap I : 14 April 2011

II. Pelaksanaan Seleksi
  • Seleksi Tahap I : 17 April 2011
  • Yaitu Tes Kemampuan Umum dan Kompetensi (S1 & D3), berisi soal-soal Pengetahuan Kejuruan sesuai bidang keahlian yang dilamar.
  • Pengumuman Seleksi Tahap I (hanya S1) : 17 April 2011
  • Tes TPA (untuk S1) : 18 April 2011
  • Pengumuman Hasil Tes TPA (untuk S1) dan Hasil Tes : 21 April 2011

Tahap I (untuk D3)
  • Psikotes klasikal : 24 – 25 April 2011
  • Psikotes individual : 25 – 29 April 2011
  • Pengumuman Hasil Psikotes : 5 Mei 2011
  • Wawancara User dan Tes Kesehatan : 10 – 13 Mei 2011

III. Hasil Final
  • Pengumuman akhir : Antara tanggal 23 – 27 Mei 2011
  • Registrasi ulang : 30 – 31 Mei 2011

Keterangan : Jadwal tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu, untuk itu pastikan Anda selalu memperoleh informasi terbaru melalui situs ITB Career Center dengan mengaksesnya secara berkala.

IV. LAIN – LAIN
  1. Situs resmi ITB Career Center merupakan informasi dan layanan resmi yang terkait dengan Penerimaan Rekrutmen PT Pusri Palembang tahun 2011.
  2. Selain melalui ITB Career Center, bagi pelamar khususnya yang berada di Palembang, dapat mengikuti proses seleksi di Palembang yang dikoordinir oleh PPJK Unsri. Informasi lengkap proses seleksi di Bandung dapat dilihat pada situs http://www.ppjkunsri.com.
  3. Proses seleksi PT Pusri Palembang hanya dilakukan sesuai dengan jalur yang telah diinformasikan secara resmi melalui dua situs tersebut, dan perusahaan tidak bertanggung jawab atas tindakan-tindakan di luar proses seleksi yang telah ditetapkan.
  4. Rekrutmen PT Pusri Palembang selalu berlandaskan prinsip Good Corporate Governance dan berlangsung secara objektif, fair, akuntabel, dan dapat dipertanggungjawabkan.
  5. Panitia tidak menerima surat menyurat dalam bentuk apapun terkait dengan pelaksanaan rekrutmen ini.
  6. Seluruh proses rekrutmen ini tidak dikenakan biaya.

Untuk memudahkan proses registrasi online Anda, sebelum melakukan registrasi, siapkan Nomor KTP yang masih berlaku, alamat e-mail dan nomor HP aktif, nilai TOEFL, dan pastikan kembali jurusan dan pengalaman yang Anda miliki telah sesuai dengan persyaratan yang akan dilamar.

PENDAFTARAN ONLINE
Pendaftaran secara online dapat dilakukan pada tanggal 1-3 April 2011 melalui link dibawah ini.
Pendaftaran Khusus Pelamar Wilayah Sumatera
Pendaftaran Khusus Pelamar Wilayah Luar Sumatera