02 November 2009

Penerimaan CPNSD Kota Bekasi | Deadline 7 November 2009



Berdasarkan Surat Penetapan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia Nomor: 413.P/M.PAN/9/2009 tentang Persetujuan Rincian Formasi CPNS Daerah Tahun Anggaran 2009 tanggal 16 September 2009, Pemerintah Kota Bekasi membuka kesempatan kepada masyarakat yang memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri dan mengikuti Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) Kota Bekasi Tahun Anggaran 2009.

A. Persyaratan Umum
1. Warga Negara Republik Indonesia dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
2. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Bekasi yang masih berlaku;
3. Tidak berkedudukan sebagai CPNS/PNS, Anggota TNI dan POLRI;
4. Tidak pernah dijatuhi hukuman penjara atau hukuman kurungan berdasarkan keputusan Pengadilan Negeri yang sudah mempunyai kekuatan hukum yang tetap;
5. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri atau diberhentikan dengan tidak hormat sebagai Pegawai Swasta;
6. Mempunyai kualifikasi pendidikan, kecakapan, keahlian dan keterampilan yang sesuai/relevan dengan kebutuhan;
7. Bersedia melepaskan jabatan pengurus dan/atau anggota partai politik pada saat dinyatakan lulus sebagai CPNSD bagi pengurus dan/atau anggota partai politik

B. Persyaratan Khusus
1. Berusia serendah-rendahnya 18 (delapan belas) tahun dan setinggi-tingginya 35 (tiga puluh lima) tahun terhitung sampai dengan 1 Januari 2010;
2. Bagi Pelamar Tenaga Guru dan Tenaga Kesehatan, dapat berusia setinggi-tingginya 40 (empat puluh) dan harus telah memiliki masa pengabdian pada instansi pemerintah atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang menunjang kepentingan nasional sekurang-kurangnya 12 (dua belas) tahun 8 (delapan) bulan secara terus menerus terhitung sampai dengan tanggal 1 Januari 2010, dan surat keterangan dari instansi yang bersangkutan yang menerangkan bahwa yang bersangkutan sampai saat ini masih aktif bekerja secara terus menerus tidak pernah terputus;
3. Memiliki kesesuaian kualifikasi pendidikan dengan jabatan yang dilamar sesuai formasi yang tersedia;
4. Memiliki ijazah dan transkrip nilai dari Akademi/Sekolah/Perguruan Tinggi yang telah terakreditasi dari BAN-PT; atau bila berasal dari Akademi/Sekolah/Perguruan Tinggi yang belum terakreditasi telah mendapat Izin Penyelenggaraan/Operasional dari Menteri yang bertanggung jawab di bidang pendidikan nasional; atau bila berasal dari Akademi/Sekolah/Perguruan Tinggi sebelum dikeluarkannya Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 184/V/2001 tanggal 23 November 2001, maka ijazahnya harus ditandasahkan oleh KOPERTIS;
5. Pelamar dari lulusan luar negeri harus melampirkan surat penetapan pengakuan sederajat dari DEPDIKNAS;
6. Pelamar Tenaga Guru harus melampirkan fotokopi legalisir Akta Mengajar/ A-IV (kecuali bagi lulusan dari FKIP/Ilmu Kependidikan);
7. Berkelakuan baik yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres Metro Kota Bekasi;
8. Telah terdaftar pada Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Pencari Kerja (AK/I)/Kartu Kuning;
9. Berbadan sehat dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah (Puskesmas/RS Pemerintah).

TATA CARA PENGAJUAN LAMARAN
1. Pelamar melakukan registrasi melalui Formulir Pendaftaran secara online di internet. Ketentuan dan cara pengisian formulir pendaftaran secara online dapat dibuka pada website http://kotabekasi.unpad.ac.id
2. Selanjutnya berkas lamaran untuk verifikasi registrasi online meliputi berkas-berkas persyaratan yang terdiri dari :
1. Surat Lamaran (harus ditulis tangan dengan tinta hitam huruf kapital dan ditandatangani, serta ditujukan kepada Walikota Bekasi);
2. Formulir pendaftaran hasil print out (cetakan) setelah registrasi online yang telah ditandatangani pelamar;
3. Fotocopy KTP Kota Bekasi yang masih berlaku ;
4. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang sah dan telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
5. Fotokopi surat penetapan pengakuan sederajat dari MENDIKNAS yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, bagi ijazah pendidikan dari luar negeri;
6. Fotokopi Akta Mengajar (A-IV) yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang bagi tenaga kependidikan;
7. Fotokopi surat pengangkatan bagi yang bekerja di instansi pemerintah atau lembaga swasta yang berbadan hukum yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
8. Fotokopi Surat Keterangan Sehat yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
9. Fotokopi AK/I (Kartu Kuning) yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
10. Fotokopi SKCK yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang;
11. Pas foto hitam putih terbaru ukuran 3 X 4 cm sebanyak 4 (empat) lembar (pada bagian belakang ditulis nama, tanggal lahir, dan Nomor Pendaftaran online);
12. 1 (satu) buah amplop coklat untuk balasan (ukuran ± 12 x 23 cm), pada bagian depan (kanan bawah) ditulis Nama, Alamat lengkap pelamar dan Kode Pos serta pada bagian depan (kiri atas) cantumkan Nomor Pendaftaran online.

3. Berkas lamaran sebagaimana dimaksud pada huruf C di atas (pada Tata Cara Pengajuan Lamaran), dimasukkan ke dalam amplop warna coklat, ukuran ± 30 X 39,5 cm, dengan format:
1. Pada sebelah kiri amplop ditempelkan print-out Formulir Pendaftaran hasil registrasi secara online yang telah di tandatangani pelamar;
2. Pada sebelah kanan amplop ditempelkan print-out Label Alamat Pengiriman yang dapat di download di website http://kotabekasi.unpad.ac.id
1. Berkas lamaran dikirim melalui Pelayanan Khusus Seleksi CPNS Daerah Kota Bekasi di Kantor Pos setempat dengan nomor PO BOX:
1. Tenaga Pendidikan : 777;
2. Tenaga Kesehatan : 888;
3. Tenaga Strategis : 999.


PELAYANAN PENDAFTARAN
1. Pendaftaran online dibuka tanggal 2 November 2009 mulai pukul 08.00 dan berakhir pada tanggal 7 November 2009 pada pukul 16.00 WIB. Pendaftaran online di luar ketentuan waktu tersebut tidak akan diproses/ditolak;
2. Pelamar melakukan pendaftaran online di Kota Bekasi hanya satu kali;
3. Pengiriman berkas lamaran melalui kantor pos dibuka pada tanggal 2 November 2009 dan di tutup tanggal 11 November 2009 pada pukul 17.00 WIB;
4. Panitia hanya menerima berkas lamaran sesuai dengan tata cara dan format tersebut di atas;
5. Pelamar yang mengirimkan lebih dari satu berkas lamaran melalui kantor pos, maka HANYA SATU BERKAS LAMARAN saja yang akan diproses (sesuai dengan data pada pendaftaran online yang pertama kali);
6. Lamaran yang memenuhi persyaratan administrasi akan diberikan surat pemberitahuan beserta nomor ujian yang akan dikirim melalui Pos, ke alamat pelamar yang tertulis/tertera pada amplop balasan;
7. Pelamar yang tidak lulus seleksi berkas, tetap akan diberikan surat pemberitahuan tentang Tidak Memenuhi Syarat mengikuti Ujian Seleksi melalui Pos, ke alamat pelamar yang tertulis pada amplop balasan selambat-lambatnya pada tanggal 19 November 2009;
8. Daftar Pelamar yang Memenuhi Syarat mengikuti ujian dapat diakses melalui website http://kotabekasi.unpad.ac.id pada tanggal 18 November 2009;
9. Bagi pelamar yang telah Memenuhi Syarat mengikuti ujian tetapi belum mendapatkan Kartu Tanda Peserta Ujian sampai dengan H-2 pelaksanaan ujian, diharapkan segera menghubungi Sekretariat Panitia dengan alamat Jl. Ir. Juanda No. 100 Bekasi dengan membawa bukti fotokopi print-out Formulir Pendaftaran online dan resi pengiriman berkas dari kantor pos.

PETUNJUK PENGISIAN BIODATA SECARA ONLINE
Pelamar yang akan mengisi Biodata pendaftaran online harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :
1. Pelamar hanya dapat melakukan pendaftaran satu kali secara online dan tidak dapat diubah;
2. Pendaftaran lamaran secara online di http://kotabekasi.unpad.ac.id dengan cara mengisi Formulir Pendaftaran secara online, tanggal 2 November 2009 mulai pukul 08.00 dan berakhir pada tanggal 7 November 2009 pada pukul 16.00 WIB;
3. Untuk memperlancar pengisian biodata pendaftaran online, pelamar sebaiknya membaca secara seksama tentang prosedur pendaftaran, formasi jabatan, dan petunjuk pengisian serta menyiapkan dokumen yang diperlukan (NIK/No Induk Kependudukan, Ijazah, STTB, Transkrip dll);
4. Setelah pengisian biodata pendaftaran online, pelamar wajib melakukan download dan printout/ mencetak formulir biodata online tersebut dan membubuhkan tandatangan pada tempat yang sudah disediakan untuk dilampirkan dalam berkas lamaran dan ditempelkan pada amplop lamaran.

Isian biodata pendaftaran online terdiri dari 2 bagian yaitu :
1. Data Pribadi, terdiri dari nama pendaftar (tanpa gelar), jenis kelamin, NIK (No Induk Kependudukan), tempat lahir, tgl lahir, alamat, RT/RW, Desa, kecamatan, propinsi, kabupaten/kota, kode pos;
2. Data Pendidikan & Jabatan, terdiri dari nama perguruan tinggi/sekolah, jenjang pendidikan, jurusan, dan jabatan yang tersedia.

Formasi dan Persyaratan Lengkap, kunjungi: http://www.kotabekasi.unpad.ac.id/homeTahapan.jsp